Attention !

HORMATILAH PENULIS BLOG. JIKA INGIN COPY PASTE SILAHKAN MENCANTUMKAN SUMBER :
BayuD10Blogs
Terima kasih
Home » , » Sedikit tentang beberapa film bertemakan kriptografi

Sedikit tentang beberapa film bertemakan kriptografi

    Sebagai salah satu blog untuk menyelesaikan tugas dengan tema Kriptografi, kali ini kita akan sedikit membahas beberapa Film yang sudah tayang di masa lampau, dimana film-film ini bertemakan/berlatar belakang seputar Kriptografi. Diantaranya yang kita akan bahas adalah Mercury Rising, A Beautiful Mind, The Da Vinci Code, The Imitation Game.

 

 1. Mercury Rising

    Merupakan film yang pertama kali tayang di tahun 1998 yang menceritakan tentang seorang anak autis yang memecahkan puzzle dari buku teka-teki yang diberikan oleh gurunya, dimana buku tersebut berisi nomor telepon rahasia yang merupakan kode keamanan negara yang dibuat oleh NSA. Hal ini diketahui oleh Kudrow, pemimpin NSA, dan ia pun mengutus Peter untuk membunuh Simon dan keluarganya karena dianggap dapat membahayakan NSA.

    Peter berhasil membunuh orang tua Simon dengan harapan dapat membawa Simon, namun Simon bersembunyi dan Peter pun tidak berhasil menemukannya. Setelah kejadian dilaporkan , salah satu agen FBI bernama Art di utus untuk mencari Simon.

    Film ini terus berlanjut, dimana nantinya agen FBI Art yang menjaga keselamatan Simon, dan berakhir setelah terjadinya kejar-kejaran antara Kudrow dan FBI yang akhirnya menewaskan Kudrow. Setelah kejadian, Simon pun mendapatkan orang tua asuh baru dan kembali bersekolah lagi.

 

2. A Beautiful Mind

    Film ini dibuka dengan Nash di tahun 1948 yang memulai kuliahnya di Universitas ternama, Princeton University. Obsesi Nash untuk menciptakan sebuah teori baru digambarkan dari kegiatannya yang suka sekali menulis rumus-rumus persamaan di jendela kamarnya, selain itu Nash juga mencari inspirasi untuk teorinya dari hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

    Setelah Nash akhirnya dapat meraih gelar doktor, Nash mengajar di MIT. Dan pada saat itulah Nash diminta untuk datang ke Pentagon untuk memecahkan sandi rahasia yang dikirimkan tentara Soviet. Kemudian Nash bertemu dengan agen rahasia William Parcher. 

    Kisah Nash mencapai klimaks ketika dia sedang mengisi sebuah seminar di Harvard. Di mana dia saat itu bertemu dengan sahabat lamanya, yaitu Charles. Di tengah acara saat Nash mengisi seminar, Nash merasa ketakutan saat dia melihat tiga orang berbaju hitam sedang memperhatikan setiap geriknya, yang mana menurut Nash orang-orang inilah yang akhir-akhir ini selalu meneror kehidupannya. Nash berpikiran bahwa orang-orang ini adalah mata-mata pemerintahan Soviet yang tak akan segan-segan untuk membunuhnya. Dan diketahui setelah pengejaran akan Nash ini, ternyata orang-orang ini adalah anak buah Dr. Rosen.Dr. Rosen inilah yang nantinya memberikan jawaban atas kehadiran beberapa tokoh yang ternyata adalah delusi karena Skizofrenia Nash.

 

3.  The Da Vinci Code


    Jacques Sauniere, kurator Museum Louvre dan Grand Master Biarawan Sion, ditembak mati oleh Silas yang melakukannya atas nama seseorang yang hanya dikenalnya dengan sebutan Guru, yang mencari lokasi sebuah barang penting yang disebut "batu kunci" dalam rangka pencarian Cawan Suci.

    Robert Langdon, seorang ahli sejarah dan simbol diminta memecahkan kode yang dibuat Sauniere sebelum ia meninggal. Ia bekerja dengan Sophie, seorang ahli bahasa kuno. Banyak penyelidikan yang dilakukan dan mengarah ke penemuan tak terduga. Dalam film ini ada sebuah organisasi rahasia yang dibentuk untuk melindungi gereja katolik,dan di duga Sauniere adalah salah satu anggota dari organisasi rahasia tersebut. Film ini berisi perjalanan Langdan dan Sophie dalam menemukan Holy Grail (Cawan Suci) yang merupakan simbol dari Maria Magdalena istri dari Yesus Kristus.

 

4. The Imitation Game

    Berkisah tentang perang dunia Britania Raya terhadap Jerman pada tahun 1939. Tahun 1941, Alan Turing bergabung dengan tim kriptografi di Bletchley Park. Mereka ditugaskan untuk memecahkan pesan terenkripsi dari Nazi dengan menggunakan mesin Enigma. Alan dan timnya harus memecahkan kode yang memiliki kemungkinan 159 triliun kode tiap harinya.  

    Setelah beberapa lama mereka pun berhasil menciptakan mesin pemecah enigma yang diberi nama Christopher. Nama ini terinspirasi dari teman alan yang mengajarkan nya kriptografi, yaitu Christopher. Alan juga menyukai Christopher, namun ia tidak sempat mengungkapkan perasaan nya, karena Christopher meninggal akibat penyakit TBC. 

    Akhirnya berkat mesin Christopher yang dibuat oleh Alan Turing dan timnya, mereka memecahkan kode Enigma Nazi yang berisi informasi strategi perang dari tentara Nazi dengan cepat dan mereka pun memenangkan perang dan mempersingkat masa perang selama lebih dari 2 tahun.

    Setelah perang berakhir, terungkap pula bahwa Alan adalah seorang homoseksual. Alan dijatuhi hukuman penjara karena pada masa itu inggris menganggap homoseksual adalah perilaku yang tidak senonoh. Alan pun lebih memilih untuk bunuh diri dengan meminum dari pada harus mendekam di penjara. Diketahui pada masa 1958-1967, ada kurang lebih 49.000 pria yang dihukum berdasarkan UU Inggris. “Mesin Christopher” kini dikenal dengan sebutan “Komputer”.

0 comments:

Post a Comment

No SARA , No SPAM , No Bacot , No FLAMING.